Upilachyne's Blog

Blog Kalang Kabut

Mengecat (ulang) Bodi Sepeda Motor

leave a comment »


Sepedaku Grand ’91. Warna item dengan luka di sekujur tubuh. Beberapa baut body yang sudah patah, Spedometernya juga gak kalah bagus. Mati Total. Tapi seancur apapun sepeda ini yang nganter aku kemana-mana. Mulai dari cari makan sampai cari temen kencan :p. Kapan hari waktu nongkrong sama temen-temen kerja, ada celutukan kecil yang membuat aku tambah sayang sama si Grand ’91. “Sepedamu irit banget ya… isi tangki cuman 4 liter tapi tak pakai keluar kota bolak-balik kok gak abis-abis…”. Temenku yang bilang.

(bukan sepeda asli, cuman ilustrasi)

Aku cuman senyum, lha wong masalah otomotif aku tuh paling gak tau apa-apa. Taunya cuman ambil gombal n sabun, terus digosok dikit peleg n body. Wes. Selebihnya, rem yang berdecit, mesin yang mati waktu gas dikecilin juga aku gak ngeh blas…

Nah, celutukan kecil tadi mengulik rasa sayangku sama si Grand’91. Kalo emang betulin mesin aku gak bisa, kenapa gak tak betulin yang aku bisa saja..? Wal Alhasil… aku putuskan “Repaint Project Part I” dimulai. Aku beli pilox item, amplas sama silicon sachet. aku lepas body plastik sepeda, amplas bagian yang kasar, pilox, lalu jemur bentar….. pasang lagi. Terakhir langsung dicuci sama silicon dan hasilnya …..

gak ada perubahan …

Yeee… capek-capek ngerjakan ternyata gak ada perubahan…? apa yang kurang? kenapa warna catnya jadi doft? padahal aku gak beli pilox yang doft?…

Ternyata aku salah langkah. Ngecat body emang kerjaan sederhana, tapi tak sesederhana yang aku bayangkan. Ada banyak proses yang gak aku kerjakan. Setelah browsing n gak ketemu, aku tanya sama temen-temen dan beginilah langkah mengecat ulang body yang seharusnya:

  1. Lepas body plastik dari tempatnya
  2. Di dempul dulu!!! buat nutup luka-luka yang kelihatan mencolok
  3. Baru diamplas sama amplas nomorĀ  1000 biar rata sama cat yang lama.
  4. Bagian-bagian yang pecah bisa dialteco dulu, asal gak kelewat parah.
  5. Kalo sudah, bersihin pake lap basah, biar sisa debu amplas ilang.
  6. Baru dipilox!!!
  7. Kalo sudah kering, beli compound.. paling goceng, tanya saja di bengkel sepeda pasti jual. Kalo memang niat dicat full body, beli compound yang timbangan, cuman aku rasa jarang bisa dapat sekarang. Ini bagian yang paling aku sebel. Poles pake compound, biar tangan kemeng juga kudu lanjut… (maklum dikerjakan secara manual, jadi maen otot. Cuman denger-denger di tempat reparasi cat emang ada mesinnya yang muter kain poles, jadi gak perlu capek-capek).
  8. Nah… proses poles tadi ngilangin kesan doft dari cat. Alhasil emang body sudah bisa dibuat ngaca… cuman gak terlalu kelihatan
  9. Pake aja silikon buat ngatasinya. Kalo bisa jangan gunakan yang cair, pake yang cream seperti merek Kit apa Amway… (aku lupa namanya).

Berhubung aku sudah nggarap sepeda baru ketemu langkahnya, aku cuman bisa memperbaikinya. Males ngecat ulang, proses dempul tak ilangin, cuman tak pilox n compound baru di Kit. Lumayan kelihatan bedanya, tapi tetep belum maksimal… susah jadi maksimal kalo gak dirombak total. wew… kudu puas dengan hasil kerja sendiri neh…

Written by upilachyne

30/12/2010 pada 9:13 am

Ditulis dalam Tutorial

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

